Kisah Gembira di Sore yang Hangat. Mari Bergembira

Ini kejadian tak terduga. Tidak diduga-duga. Baru saja terjadi di sini. Begitu cepat. Dan ternyata membuat beberapa orang gembira. Oleh karena itu saya bagi disini. Siapa tahu orang di luar sini juga bisa turut bergembira.

Singkat ceritanya begini.

Seorang kawan sedang bingung mencari solusi atas masalahnya. Mungkin dari tadi. Namun begitu diutarakan masalah itu, ah, kok kebetulan ada lampu bolam yg sedang nyala. Jadinya langsung ketemu solusinya.

Sebenarnya masalahnya tidak rumit, hanya saja mungkin belum pernah ketemu masalah yang demikian. Alhasil, solusinya juga sambil meraba-raba, mencari-cari apa yang tepat.

Sebuah tabel dalam database Oracle sudah berjalan beberapa waktu. Namun, ada sedikit yang tertinggal dari desain tabel tersebut. Karena kegunaan tabel tersebut untuk transaksi, disini, disarankan masing-masing record mempunyai ID yang unik. Nah, si kawan tersebut tidak menyertakan kolom ID di tabelnya. Alhasil, tabel sudah digunakan dan sudah ada banyak transaksi yang masuk. Sekitar 25-ribuan.

Kenapa tidak ada kolom ID? Sebenarnya ini bukan bahasan kita. Tapi mari kita coba menerka-nerka. Dugaan saya, pemilihan dan transaksi datanya dilakukan dengan mengambil kombinasi dari beberapa kolom yang dipandang unik untuk dijadikan pegangan selama transaksi. Dampaknya, ini terkaan saya lagi, kalau misal ada tiga kolom yang dijadikan pegangan, berarti kombinasi ketiganya harus unik untuk semua data yang ada. Kalau tidak, doh, bisa dibayangkan ada transaksi yang dobel. Apalagi belum ditambah ruang yang digunakan untuk index yang menggunakan tiga kolom tersebut. Mungkin akan memakan ruang yang cukup besar. Tapi sekali lagi, ini semata-mata terkaan dan dugaan saya yang tidak ahli dibidang per-database-an. Masih newbie gan! 🙂

Baiklah. Kembali ke kisah di sore yang hangat ini. Si kawan tersebut punya ide untuk menambahkan kolom ID ke tabelnya. Harapannya, bisa mengecilkan ruang index  dan membuat seleksi dan transaksi menjadi lebih nyaman tentunya. Maka ditambahlah kolom ID ke tabel yang dimaksud, dan berhasil. Namun.. ah, kolom ID yang ditambahkan tentunya masih kosong dan tidak ada isinya sama sekali.

Kegalauan pun melanda (modus lebay). Cari mencari belum ketemu juga solusi bagaimana agar kolom ID ini terisi dengan mudah namun tetap unik. Maka tibalah waktu mengutarakan problema tersebut lalu singgah di atmosfer ruang yang mulai jenuh karena sudah mendekati waktu berbuka puasa. Dan, ah, kebetulan bolam yang menyala tersebut rupanya cukup terang sehingga kegalauan problem tersebut teratasi.  Saya (semoga) bukan orang yang pelit, maka saya bagi solusi dari kisah tersebut ke khalayak sekalian. Agar semua bisa turut bergembira seperti si kawan yang satu ini. Berikut solusi singkatnya, silahkan jalankan kueri berikut (kita anggap nama tabelnya t_transaksi) :

UPDATE t_transaksi SET id = rownum

Sekian dulu kisah di sore hari ini. Sekali lagi, semoga anda juga ikut gembira. Jika tidak gembira, maka gembiralah. Setidaknya ikut tersenyum 🙂

Iklan

Silahkan berkomentar ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s