Otomasi FTP

Kadang kala kita membutuhkan sesuatu diluar kebiasaan. Misalnya saya punya berkas dan saya ingin memublikasikannya secara rutin. Berkas tersebut sederhana, hanya sekedar gambar yang mungkin oleh orang lain bisa digunakan sebagai wallpaper desktop komputernya. Kebetulan juga saya punya sebuah mesin yang bisa diakses oleh khalayak ramai. Melalui sebuah peladen web sederhana.

Nah, di komputer saya terdapat suatu direktori yang isinya beberapa berkas yang sudah saya siapkan untuk diunggah tiap hari. Ya, satu hari satu berkas. Bukan tanpa sebab, hanya karena supaya tiap hari ada alasan untuk mengunggah 😀

Oke lah, anggap saja kasusnya seperti diatas. Dan mesin yang menjadi tujuan tersebut rupanya hanya menyediakan layanan FTP sebagai jalan transportasinya. Di sisi lain, saya juga menginginkan agar proses pengunggahan itu bisa dijalankan secara otomatis. Sekedar untuk mengantisipasi jika suatu saat lupa.

Rupanya dan rupanya, ada cara untuk melakukannya. Dengan sedikit bantuan berkas .netrc pekerjaan tersebut tidak sulit kita lakukan. Masalahnya saya lupa dari blog mana ide ini muncul. Jadi mohon maaf jika tidak menyediakan tautan referensi 🙂 Salah satu referensi yang bisa saya rekomendasikan adalah manual netrc $ man netrc

Baiklah, kita akan melakukan hal-hal berikut ini.

  1. buat berkas ~/.netrc lalu buka
    $ touch ~/.netrc
    $ nano ~/.netrc
  2. isi berkas tersebut dengan tulisan kira-kira seperti berikut
    machine mesin.ku
            login akunku
            password katakunciku
  3. buat makro di baris selanjutnya
    macdef namamakroku
            cd /web
            put ~/album/gambar01.jpg gambar01.jpg
            quit
  4. jangan lupa, sisakan satu baris kosong diakhir berkas
  5. simpan berkas dengan menekan tombol Ctrl + O

Kini, tiba saatnya kita mencoba mentransfer berkas. Mari coba perintah berikut.

$ echo "\$namamakroku" | ftp -iv mesin.ku

kesuksesan proses bisa dilihat dikeluaran terminal karena kita menggunakan opsi verbose (-v).

Lalu bagaimana menjadikannya otomatis? Buat saja shell skrip atau pasang perintah tersebut di cronjob  😀

Silahkan berkomentar ...

