ASCII Video : nonton video-berbasis-teks

Sepertinya tidak ada yang jadul dalam dunia teknologi. Ketika dunia (nyata) sedang ramai-ramainya dibombardir dengan teknologi citra yang bernuansa realistis dan 3D, dibelahan dunia lain rupanya tetap asik dengan teknologi teks. Ya teks. Yang kita bicarakan ini masih sekitar multimedia.

Ketika menonton video, kita biasanya selalu mencari yang berkualitas high definition (HD) atau bahkan dengan embel-embel Bluray. Pernahkah anda menyempatkan diri menyempatkan diri memperhatikan dengan seksama seberapa besar perbedaan citra yang dihasilkan dari hasil pemutaran video berkualitas HD dengan flv, misalnya. Sudah atau belum pernah bukanlah keharusan anda menjawabnya.

Tapi mari kita coba melihat bersama video kualitas HD dengan format keluaran teks. Ya, teks. Jika anda masih penasaran, coba pasang aplikasi pemutar multimedia bernama VLC (www.videolan.org). Silahkan unduh dari situsnya, atau jika anda penguna keluarga debian, silahkan pasang langsung dari repositori :

# apt-get install vlc

Kira-kira seperti berikut tampilannya.
VLC

Dengan aplikasi multimedia multifungsi ini kita bisa menyaksikan video HD dengan kualitas jempolan. Jempolan disini nanti bisa anda artikan sendiri setelah menontonnya.

Baiklah, sekarang silahkan buka jendela Preferences dari menu Tools. Lalu pilih Video di menu sebelah kiri. Di sisi sebelah kanan, klik menu dropdown output dan pilih “output video ASCII-art”. Simpan.

Buka berkas video yang anda miliki lalu putar dan nikmatilah.

Berikut contoh video klip lagu “Fix You” dari band “Cold Play” yang saya dapatkan dari Youtube dengan properti sebagai berikut :
Dimensi : 640 x 480
Video codec : H.264/AVC Video
Framerate : 25 fps
Audio codec : MPEG-4 AAC audio
Sample rate : 22050 Hz

Fix You (1)
Fix You (2)
Fix You (3)

Satu tips cara menikmatinya adalah dengan tidak melihatnya dari jarak dekat, melainkan agak jauh agar citra teks yang dihasilkan lebih berasa 🙂

Sepertinya, VLC menggunakan teknologi AA-Project yang mungkin memang terobsesi dengan the wonderfull of ASCII-art. Jika anda (masih) pengguna keluarga debian dan ingin menikmati demo lain dari keindahan ASCII-art, silahkan install aplikasi bb (semoga tidak disensor).

# apt-get install bb

lalu jalankan dari terminal dengan mengetikkan perintah :

$ bb

Bagaimana?

Iklan

Silahkan berkomentar ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s