Iklan AHA di Setiap Komputer Pelanggan

AHA, salah satu penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, melancarkan strategi baru dalam beriklan. Paling tidak, strategi ini mulai saya rasakan semenjak mendaftarkan paket per tanggal 6 Desember 2011.

Apa strategi itu? AHA memunculkan iklan dengan ‘mendompleng’ suatu halaman yang sedang dibuka pengguna. Lebih jelasnya ada di gambar berikut :

Iklan AHA tegak

Iklan AHA datar

AHA, entah dengan cara seperti apa, menyisipkan iframe ke dalam kode yang dikirimkan ke peramban web pengguna. Iframe ini sepertinya tidak selalu disisipkan, karena beberapa halaman yang dibuka tidak selalu menampilkan iklan ini, baik yang versi tegak maupun datar.

Apa tandanya menggunakan iframe? Silahkan cermati kotak yang terang gambar berikut :

Iklan AHA menggunakan iframe

Dengan menggunakan Google Chrome, kotak terang di kiri bawah adalah kode ‘realtime’ yang dihasilkan peramban. Setiap perubahan pada kode HTML halaman disesi tersebut bisa dilihat perubahannya. Kotak terang di kanan atas adalah blok iklan AHA. Ketika baris yang berisi tag iframe dipilih, kotak iklan AHA pun ikut tersorot. Jika dicek dengan fitur view-source, skrip iframe tersebut tidak akan terlihat. Cara seperti ini juga bisa dilakukan menggunakan Firebug, sebuah ekstensi di peramban Firefox.

Bagaimana dengan kenyamanan pengguna dengan adanya iklan ini? Silahkan anda yang menjawabnya. Jika merasa terganggu atau ada saran/kritik untuk AHA, layangkan saja surel ke AHAcare[AT]AHA.co.id atau lihat di sini. Lebih mantab langsung ke empunya kan dari pada harus nulis disini. Bisa-bisa kena pasal UU ITE 😀

Salam.

Iklan

Silahkan berkomentar ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s