Nyari Produk Halal? Di sini saja

Alhamdulillah, puji syukur patut kita panjatkan ke hadirat Ilahi rabbi.

Kebahagiaan seorang muslim salah satunya adalah ketika ia mendapatkan kebebasan dalam menjalankan keyakinannya. Termasuk di dalamnya hak dan kewajiban menkonsumsi makanan yang halal dan thayyib. Sebagaimana kita ketahui bahwa teknologi pemrosesan makanan begitu cepat berkembang dan diadopsi oleh berbagai negara. Selama ini teknologi tersebut dikembangkan oleh kalangan non-muslim, sehingga perhatian terhadap status halal dan haram suatu bahan menjadi terabaikan.

Umat muslim, terutama di Indonesia yang merupakan mayoritas, tentu harus mendapatkan haknya untuk mengonsumsi makanan yang halal lagi  thayyib. Ironisnya, berbagai makanan terproses (processed food) yang diproduksi tidak menjamin bahwa ia halal dikonsumsi.

Adalah kenyataan bahwa pemrosesan bahan makanan dalam industri tidak lagi seperti ketika bahan tersebut di proses di dapur pribadi. Penggunaan bahan tambahan makanan, seperti perasa, pengembang, penstabil tidak selalu dari bahan yang murni alami. Tidak jarang dijumpai bahan-bahan tersebut adalah hasil dari proses kimia atau biokimia. Sebagai hasil dari proses kimia, misalnya gelatin (bahan penstabil emulsi) yang dibuat dari tulang. Ada kalanya, gelatin ini dibuat dari sumber yang haram, seperti tulang babi. Meskipun setelah berwujud gelatin, tidak terlalu terlihat perbedaannya dengan gelatin dari tulang sapi. Faktor inilah yang salah satunya menjadi pemicu kepedulian muslim terhadap makanan yang dikonsumsi di era modern seperti ini.

Sebuah kebahagiaan ketika saya mendapat pesan singkat dari kawan, bahwa ia telah meluncurkan sebuah layanan yang memudahkan pengguna internet untuk menelusuri apakah suatu produk telah mempunyai sertifikat halal atua belum. Layanan tersebut beralamat di produk.halal.or.id. Alhamdulillah. Di Indonesia, bahkan dunia, layanan seperti ini memang layak mendapat apresiasi. Pencarian status kehalalan suatu produk dapat dilakukan dengan mudah. Memang database yang disediakan disana belum banyak. Namun dengan berjalannya waktu, saya pribadi berharap database-nya akan semakin lengkap dan up-to-date. Apalagi jika data tersebut dapat tersinkronisasi otomatis dengan data yang dimiliki LPPOM MUI misalnya.

Akhir kata, semoga layanan ini mendapat tempat di hati masyarakat. Tidak lupa saya ucapkan selamat menelusuri produk halal. Semoga sukses.

Iklan

Silahkan berkomentar ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s