Scroll Up and Down Everywhere

Biasanya kita menggunakan sisi kanan dan bawah touchpad untuk menggulung (scroll) layar. Menggerakkan jari ke atas pada sisi (biasanya) kanan akan menggulung layar ke bawah (scrollbar naik), sebaliknya ke arah bawah akan menyebabkan layar tergulung ke atas (scrollbar turun). Pada sisi bawah (sisi terdekat dengan pengguna) touchpad, gerakan jari ke kanan menyebabkan layar tergulung ke kiri dan sebaliknya.

Jika kita bosan dengan ‘gaya’ scrolling seperti itu cara baru yang sudah cukup lama ( 😕 ) ini layak dicoba. Kita bisa menggulung layar ke atas dan ke bawah tanpa harus menyentuh sisi kanan touchpad dan juga bisa menggulung layar ke kanan dan kiri tanpa harus menyentuk sisi bawahnya. Fitur inilah yang disebut circular scrolling.

Cara paling mudah melakukannya adalah dengan menggunakan jendela konfigurasi yang dimiliki aplikasi bernama gpointing-device-settings. Apa langkah pertama? tentu saja memasangnya :

# apt-get install gpointing-device-settings

kemudian kita akan mendapat menu di System > Preferences > Pointing devices. Silahkan membuka aplikasi tersebut dari sana. Pilih Synaptics Touchpad lalu pindah ke tab Scrolling dan cari tulisan Enable circular scrolling (atau semacamnya, sesuai bahasa yang digunakan). Centang!

Kita juga mengklik titik-titik pada gambar untuk mendefinisikan pada sisi bagian mana gaya scroll baru tersebut bisa dimulai. Untuk mendapat sensasi di seluruh sisi, klik kotak yang di tengah. Tutup jendela dan rasakan sensasinya.*

Bagai layar sentuh bukan?!

Cara untuk semua

Ada cara lain untuk melakukan hal serupa tanpa harus memasang gpointing-device-settings, yakni dengan menyunting manual berkas konfigurasi xserver terutama bagian input device. Berkas tersebut terdapat di /usr/lib/X11/xorg.conf.d/10-synaptics.conf.

# nano /usr/lib/X11/xorg.conf.d/10-synaptics.conf

Cari section yang menggunakan driver synaptics, lalu tambah opsi berikut :

Option "CircularScrolling" "1"
Option "Emulate3Buttons" "true"
Option "SHMConfig" "true"

Kemudian restart xserver (Cara paling mudah adalah logout lalu login kembali 🙂 ) dan nikmati ‘layar sentuh’ anda.

Ref : www.callum-macdonald.com

 
* Cara ini saya lakukan pada touchpad dengan driver synaptics
dalam Acer Aspire 2929z dengan Ubuntu Lucid di dalamnya.
Iklan

Silahkan berkomentar ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s