Meningkatkan Free-Memory

Sering kali setelah menjalankan berbagai aplikasi, jatah free-memory yang tersedia tidak kembali seperti sebelumnya. Misalkan, sebelum menjalankan aplikasi SQLDeveloper free-memory yang tersedia adalah 800 MB. Lalu ketika menjalankan SQLDeveloper yang berbasis Java, otomatis sebagian blok memori digunakan sehingga, katakanlah, free-memory berkurang menjadi 100 MB*.

Kemudian, karena pekerjaan di SQLDeveloper sudah selesai aplikasi pun ditutup. Dalam pikiran kita, nilai free-memory akan kembali seperti semula. Anggap saja kembali ke nilai 800 MB. Namun, ada yang ‘aneh’ ketika kita cek penggunaan memori oleh sistem operasi, misal dengan menggunakan perintah top atau dengan melihat nilai pada aplikasi conky. Nilai free-memory yang muncul tidaklah kembali ke nilai 800 MB, bahkan mungkin cenderung tetap seperti ketika aplikasi SQLDeveloper dijalankan. Katakanlah tetap 100 MB.

Sebenarnya memori yang ‘tidak berkurang’ tersebut tersimpan dalam cached-memory. Oleh karena itu, coba perhatikan nilai dari cached-memory tersebut sebelum, ketika, dan setelah menjalankan aplikasi. Memang setelah aplikasi ditutup, nilai ini keukeuh tidak mau mengambalikannya ke free-memory yang dalam persepsi kita, nilai free-memory memang benar-benar tersisas 100 MB. Dan akan lari ke swap jika aplikasi lain membutuhkan memory lebih dari 100 MB. Tapi ternyata, nilai cached-memory tersebut dapat digunakan oleh aplikasi lain yang membutuhkan. Mungkin istilah gampangnya “diambil alih”.

Nilai cached-memory ini dapat kita ‘bersihkan’ sehingga dapat pula mengembalikan nilai free-memory seperti yang kita harapkan.

Di Ubuntu Lucid dengan kernel 2.6.35-22-generik yang saya gunakan, pembersihan cache sekaligus peningkatan free-memory dapat dilakukan dengan terlebih dahulu masuk sebagai root :

$ su -

Pada Ubuntu dan BlankOn, penggunaan sudo tidak diperkenankan sehingga perlu menjadi root juga :

$ sudo su

lalu menjalankan salah satu dari perintah berikut :

# echo 1 > /proc/sys/vm/drop_caches
# echo 2 > /proc/sys/vm/drop_caches
# echo 3 > /proc/sys/vm/drop_caches

Nilai 1, 2, dan 3 mempunyai maksud untuk membersihkan :
1 : pagecache
2 : dentries dan inodes
3 : pagecache, dentries dan inodes

Trims kepada http://www.linuxinsight.com/proc_sys_vm_drop_caches.html

* Nilai dan penggunaan memori ini hanya sebagai ilustrasi pembantu belaka.

Iklan

Silahkan berkomentar ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s