Crop file massal dengan mudah

Kawan, di Linux mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama Image Magick (http://www.imagemagick.org). Aplikasi pengolah grafis ini sudah terkenal ke seluruh dunia. Aplikasi ini sangat ringan dengan fitur yang juga sangat menarik. Hanya saja, bagi kawan yang mementingkan tampilan GUI yang cantik, terpaksa harus gigit jar i. Sepertinya aplikasi ini oleh pengembangnya memang tidak didedikasikan untuk pengguna yang demikian.

Coba anda cari di internet berbagai tutorial tentang penggunaan aplikasi ini. Hampir semua tutorial menyediakan tulisan perintah-perintah untuk menggunakannya. Jarang sekali ditemukan (paling tidak penulis belum pernah) tutorial penggunaan peralatan Image Magick yang berbasis GUI. Mantabs kan? πŸ™‚

Ada banyak peralatan yang disediakan untuk mengolah gambar (image processing). Tautan ini akan sangat membantu. Silahkan baca dan pahami dengan baik :). Dalam tulisan ini saya menggunakan Image Magick versi :

Version: ImageMagick 6.4.5 2009-06-04 Q16 OpenMP http://www.imagemagick.orgCopyright: Copyright (C) 1999-2008 ImageMagick Studio LLC

Nah, salah satu alat yang belakangan ini sering saya gunakan adalah convert. Perintah ini mempunyai banyak kegunaan, diantaranya cropping (memotong gambar). Cropping ini saya gunakan untuk membuat modul pelatihan. Maklum, masih metode jadul yang digunakan. Print screen jendela aplikasi -> simpan -> crop -> masukkan ke pengolah kata.

Caranya cukup sederhana:

1. masuk ke folder yang berisi gambar yang mau di-crop

$ cd direktori/gambar

2. ketik rumus perintah berikut ini

$ convert -crop widthxheight+a=b nama_file_input nama_file_output

misal :

$ convert -crop 720x400+7+53 gambar.jpg gambar_crop.jpg

3. selesai πŸ™‚

Mudah bukan? Jika masih bertanya-tanya, saya duga anda akan bertanya pada poin 2. Apa artinya perintah tersebut? Kalau bukan, silahkan sampaikan pertanyaan anda di komentar di bawah. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa manusia, kira-kira bunyinya begini :

Saya akan memotong gambar yang hasilnya akan selebar 720×400 pixel dan pemotongan dimulai dari 5 pixel sebelah kiri dan 10 pixel sebelah atas.

Hasilnya seperti gambar berikut :

Gambar aseli

Gambar hasil

Anda yang sering membuat tutorial atau modul mungkin juga pernah mengalami hal serupa. Dari pada harus menggunakan GIMP atau F-Spot untuk meng-crop satu per satu, mending pakai convert karena ia juga bisa di gabung ke dalam skrip shell. Akan sangat membantu dalam melakukan bulk cropping. πŸ™‚

Iklan

One thought on “Crop file massal dengan mudah

Silahkan berkomentar ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s