Softlaunch Tajdid Linux 1.0 – prototipe

Alhamdulillaahirabbil `aalamiin yang telah melimpahkan segenap rahmat dan hikmah-Nya yang menjadikan kita kuat untuk melaksanakan peluncuran ringan Tajdid. Peluncuran Tajdid sedianya dilaksanakan melalui diskusi dengan peserta muktamar di sela-sela musyawarah. Namun hal itu urung dilaksanakan. Sebagai gantinya panitia menyediakan waktu setelah pembukaan Muktamar kepada tim Tajdid untuk mempresentasikan hasil karyanya di hadapan muktamirin dan ayahanda Din Syamsyudin (Ketua Umum PP Muhammadiyah) serta beberapa orang tamu lainnya.
Dalam presentasinya, yang dilakukan oleh Adi Sucipto dan M. Azharuddin M., dikisahkan sekilas apa itu Tajdid Linux, siapa dan apa tujuan pengembangannya. Dengan mengangkat /tagline/ “Sistem operasi karya kader muda Muhammadiyah” tim Tajdid patut tersenyum bangga karna mendapat sambutan yang meriah dengan gemuruh tepuk tangan dari muktamirin serta acungan dua jempol dari ayahanda Din Syamsyudin.

Waktu yang tidak banyak dimanfaatkan tim Tajdid untuk benar-benar memberikan informasi yang padat namun tetap menarik pendengar. Salah satunya adalah dengan diungkapnya fitur-fitur khas Tajdid yang tidak ada di linux lainnya, diantaranya Pudingmu (Perpustakaan Dijital Muhammadiyah) dan bookmark ayat-ayat semesta (kauniyah) dalam aplikasi Zekr (zekr.org).

Pudingmu merupakan aplikasi perpustakaan dijital yang di dalamnya terdapat koleksi buku, makalah, artikel, jurnal, pedoman organisasi, surat-surat keputusan dan pernyataan, berbagai pedoman dan hasil tarjih, serta berbagai hal yang berkenaan dengan ke-Muhammadiyah-an khususnya dan ke-Islam-an pada umumnya. Pudingmu yang digunakan disini adalah versi awal yang sangat sederhana. Namun ke depannya akan dibangun sistem perpustakaan yang dapat menyimulasikan keadaan perpustakaan sebenarnya. Ada fitur pengelolaan koleksi, pencarian, serta dapat melakukan sinkronisasi dengan server pusat untuk memutakhirkan koleksi secara otomatis.

Sementara bookmark ayat-ayat semesta adalah kumpulan indeks ayat-ayat kauniyah yang dikumpulan Dr. Agus Purwanto. Bookmark ini kemudian diintegrasikan dengan aplikasi mushaf Qur`an dijital paling populer di linux, Zekr, sehingga ketika  dipilih indeks tertentu akan langsung dibukakan ayat yang dimaksud dan dapat dilantunkan ayat-nya oleh Qari Misyari Al-Afasy (kuwait).

Selain kedua aplikasi tersebut, masih terdapat banyak aplikasi pendidikan dan ke-Islam-an, aplikasi simulasi teropong bintang, bola dunia, serta dimasukkannya aplikasi perkantoran populer, OpenOffice.org. Semua aplikasi tersebut langsung tersedia dan bisa didapatkan secara bebas.

Versi prototipe ini menggunakan model live-cd, sehingga dapat dijalankan langsung dari keping tanpa harus menginstal terlebih dahulu. Di dalamnya tersedia menu untuk melakukan instalasi dan berbasis GUI.

Di akhir presentasi, dilakukan demo bagaimana menjalankan Tajdid melalui DVD tanpa harus menginstal. Juga demo berbagai aplikasi yang terkandung di dalamnya. Bagaimana cara mengakses koleksi Pudingmu dan membuka ayat-ayat kauniyah melalui aplikasi Zekr.

Begitu presentasi selesai, beberapa muktamirin langsung menyerbu meja presentasi untuk mendapatkan Tajdid. Tim tajdid juga membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin bergabung dan berkontribusi dalam pengembangan Tajdid ini. Beberapa orang telah menyediakan kesanggupannya berkontribusi dalam berbagai hal.

Tim Tajdid juga membuka stand sebagai pusat informasi dan diskusi selama pelaksanaan muktamar. Serta pusat ‘penjualan’ keping DVD Tajdid. Semoga ini menjadi titik awal untuk membebaskan umat dari kemarjinalan menuju pencerahan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mari sukseskan peluncuran Tajdid di Muktamar 1 Abad Muhammadiyah.

Iklan

Silahkan berkomentar ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s