Pandawa, Jagoan Baru FOSS IPB

Siapa bilang pertanian kerjanya cuma bisa nyangkul. Itu sih jaman beheula. Jaman sekarang, dunia pertanian harus lebih berwarna. Bukan cuma berkutat antara cangkul, tanah, bajak, dan irigasi. Dunia sudah berkembang jauh melebihi itu bung. Ke Amerika saja tidak perlu naik pesawat, cukup di depan komputer yang terhubung ke internet. Bahkan, hanya melalui handphone di genggaman tangan dunia sudah tergenggam.Adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), telah membuktikannya. Kampus pertanian terkemuka di negri ini, yang telah melahirkan banyak insinyur pertanian, membuka pemahaman baru bagi masyarakat bahwa dunia pertanian jauh lebih luas dari pada hanya sekedar cangkul. Kini IPB telah merambah ke dunia pertanian modern. Pertanian yang bukan hanya on-farm dan off-farm, atau pra dan paska panen, tetapi juga hal-hal pendukung pertanian itu sendiri. Misalnya? Coba cek link berikut :

http://pandawa.ipb.ac.id/

Eiths, itu bukan fakultas atau departemen baru di IPB. Bukan pula direktorat kerja baru. Coba baca baik-baik, di bagian atas situsnya dengan jelas terpampang tulisan “Turut Mendukung Free/OpenSource Software”. Tidak berhubungan dengan dunia pewayangan kan, yang biasanya selalu rekat dengan trik dan intrik (cmiiw).

Pandawa adalah jagoan baru yang dimiliki IPB di dunia per-TIK-an. Ia adalah repositori perangkat lunak. Atau lebih gampangnya bisa juga disebut gudang perangkat lunak, terutama dalam hal perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Biar lebih keren, orang-orang (mungkin termasuk saya) sering mengistilahkannya free and open source software, disingkat FOSS. Gudang perangkat lunak ini bukanlah hal baru di IPB. Beberapa tahun lalu sebenarnya sudah ada, tapi sempat vakum hingga diluncurkannya situs yang baru ini.

Entah apa alasan gudang ini dinamakan Pandawa, dengan logo wayang kulitnya. Tidak ada penjelasan resmi di situsnya. Padahal di tanah sunda, mereka lebih akrab dengan wayang golek. Hm…. tapi tak apalah. Apapun namanya, yang penting perannya. Namun bukan berarti nama bisa dikesampingkan begitu saja. Bagi saya, nama tetaplah harus mencerminkan identitas pemilik nama. Lalu apa maksud pemberian nama Pandawa untuk situs mirror FOSS ini?

Mari saya ajak anda menerka. Kata Pandawa bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia, terutama yang aseli Jawa. Sebuah band musik papan atas negri ini pernah menggunakannya sebagai judul salah satu albumnya. Dalam dunia pewayangan, mendengar nama Pandawa serasa mendengar nama yang heroik. Mendengarnya membuat kita serasa melihat seseorang yang gagah, pembela kebenaran, baik hati, jagoan, sakti, dan berbagai sifat baik lainnya. Mungkin anak jaman sekarang lebih mudah menganalogikannya dengan Power Rangers, serial jagoan yang sering diputar di TV. Mereka juga sering disebut dengan Pandawa Lima, karena memang mereka terdiri dari lima orang bersaudara. Ada Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Kelima jagoan ini memegang peranan penting dalam cerita pewayangan, terlebih dalam pertempuran besar di Kurukshetra (Baratayudha) melawah Kurawa dan sekutunya.

Dari cerita singkat tersebut, mungkin itulah yang melatarbelakangi pemberian nama Pandawa. Harapannya tidak muluk-muluk, cukup menjadi jagoan di dunia FOSS. Menjadi pahlawan di perang besar melawan kedigdayaan software proprietary. Dan akhirnya mengakhiri pertempuran tersebut dengan kemenangan di tangan. Tidak mudah memang, bertempur melawan angkatan perang yang kuat. Pertempuran yang berlangsung akan sangatlah sengit. Tapi seperti dalam cerita Mahabharata, Pandawa-lah yang akhirnya berjaya. Semoga.

He..he.. Jangan dianggap terlalu serius. Ini hanya terkaan (dan harapan) saya saja yang bisa benar bisa juga salah. Karena sekali lagi, di situsnya tidak ada keterangan resmi, jadi saya menerka-nerka 🙂

Lalu apa hubungan Pandawa dengan pertanian? saya tidak menemukan hubungan spesial dan jelas antar keduanya. Kecuali penggunaan nama dan adopsi semangat dan sifat Pandawa untuk situs gudang perangkat lunak yang dikelola oleh sebuah institut pertanian. Lebih dari itu? silahkan menerka sendiri :p

Akhirnya kehadiran Pandawa di dunia FOSS merupakan tambahan kekuatan (bukan hanya) untuk berperang, (tetapi) juga memberi harapan dan kontribusi nyata untuk kesejahteraan dan kecerdasan bangsa ini. Selamat datang Pandawa gaya baru, model baru, dan tentu dengan semangat dan keahlian baru.

Seandainya di jaman Pandawa sudah ada komputer, mungkin pertempurannya bukan di Kurukshetra, tetapi cukup di depan monitor seperti anda yang sedang membaca tulisan ini 🙂

Referensi :

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Pandawa [30 Jan 2010]
Iklan

2 thoughts on “Pandawa, Jagoan Baru FOSS IPB

  1. Fajar Sumirat 19/02/2010 / 13:33

    Selamat dan Sukses atas “PANDAWA”.

    Beberapa rekan-rekan ‘muda’ IPB telah merintis sesuatu,
    menjadi pionir dalam :
    a. memberi alternatif pilihan
    b. membebaskan dari ketiadaan pilihan;
    c. memajukan kebebasan ilmu pengetahuan & teknologi

    ” …bahwa sesungguhnya KEMERDEKAAN itu adalah hak segala bangsa. Dan oleh sebab itu maka PENJAJAHAN di atas DUNIA harus dihapuskan….”
    ( Prembule : The Founding Fathers)

Silahkan berkomentar ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s